-->

Usulan Agar Tesis di ACC

ridwan-ma.blogspot.co.id

Bayangan hilang seiring dengan terbenam matahari, pagi itu tidak ada satupun orang di kampus. Tidak ada satu orang pun, orang masih jam empat shubuh. Ada juga mang udin di kampus. Mang Udin penunggu kampus dua sepanjang malam siang selalu di kampus. Nampak ia kurang ceria tanpa kehadiran teteh kantin yang ada di kantin lapang. Tak terasa sudah sebulan berlalu kampus sepi, kampus satu sepi hanya ada beberapa mahasiswi dari mahad ali, atau mahasiswi yang sedang bimbingan skripsi. Kampus satu tempat kuliahnya strata satu, kampus dua strata dua. 
Ada suatu hal yang tidak disangka, pagi itu hanya diam di rumah, menunggu apa yang ditunggu. Satu hari menuju penutupan pendaftaran ujian proposal tapi yang daftar masih sedikit hampir tidak ada malah. Besok hari terakhir pendaftaran, berntung ada teman yang ngeWA ada dosen akademik di kampus tadi sore. Sore menjelang asar tiba, berangkat ke kampus melihat lapangan luas tanpa satupun hewan dan manusia tumbuhan ada banyak. Lapang sepak bola yang mulai tumbuh tumbuhan disana sebulan yang lalu penuh dengan manusia hari ini sepi. Proposal di acc sore itu juga, tak butuh waktu lama. Entah perasaan apa yang dirasa, mungkin lega ataukah ini awal dari segala ujian. Setelah proposal akan ada ujian proposal, uji soal ke sekolah, ujian tesis hingga akhirnya semua berakhir di wisuda. Besar harapan bisa mengikuti wisuda tahun ini, tidak ada kekuatan selain dari Alloh, tiada pertolongan selain dari padaNya. Dekati sang Maha Pencipta makan hidup di dunia tak akan gelisah. Ikat diri dengan masjid, karena dengan begitu kamu akan mendapat pertolongan Alloh kelak di padang mahsyar. Di dunia pun harus demikian, minta pertolongan Alloh jika kamu layak untuk ditologn insya Alloh, Alloh selalu bersamamu.
Tesis tidak ada yang sulit yang sulit adalah mendapatkan tanda tangan dosen. Kata orang asal bisa muhadasah/ngobrol dengan bahasa Arab, asal bisa ini asal bisa itu. Menunggu dosen ibarat menunggu jodoh. Jodoh kamana atuh jodoh. Mungkin kamu sedang bersembunyi di balik tangkal cengek. Bodohnya mencari di tangkal cengek, di kampus banyak. Banyak yang lewat, tidak ada satupun yang menghampiri dan ingin di hampiri. Sejauh ini tesis tidak sesulit waktu skripsi, kebetulan waktu skripsi dapat pembimbing yang luar biasa hingga unruk proposal pun mesti bulak balik bimbingan berkali-kali yang sekarang ini hanya satu dua kali selesai langsung ACC mungkin nanti waktu ujian proposal tesis akan lebih diuji kembali ada kemungkinan ganti judul, judul ditolak, isi tidak jelas maka butuh penguji. Kembali lagi harus tetap optimis, seburuk apapun proposal ketika diujikan akan diperbaiki juga. Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau tidak bulan ini bulan ganjil lagi, itu artinya kalau tidak ikut bulan januari ini maka baru akan dibuka lagi bulan maret. Daftar besok, ujian minggu depan apapun ujian sejenis apapun kesulitas mesti kita hadapi dengan sabar dan syukur. Belum bisa sabar, sudah bisa syukur. Bisamilllah untuk ujian proposal tesis

0 Response to "Usulan Agar Tesis di ACC"

Post a Comment