-->

Buka Lapak telah menghancurkan pedagang kalangan bawah

Bismillahirohmanirrahim
perkenalkan nama saya kefi seorang Guru privat yang memiliki usaha onlineshop sudah hampir lima tahun. Punya onlineshop menjadikan saya seorang jutawan. sudah 4 kali saya bisa ganta ganti HP dari HP camera biasa hingga Tab Android sekarang yang belum ganti ganti. tidak hanya itu uang kuliah pun saya yang nanggung. bukan karena orang tua tidak mampu tapi karena saya ingin mandiri. semua karena akun akun dan social media onlineshop yang saya miliki di dunia maya.
diawal tahun pertama kebetulan ketika itu belum ada buka lapak dan proses perdagangan lancar. tiap hari saya menerima orderan dari berbagai pulau di Indonesia. yang saya ingat ketika itu saya menerima pesanan 1 kodi sepatu boot dondhicero ke Papua. walau onkir mencapai 100rb lebih tapi masyaAllah pembeli tetap menanggung onkir tersebut. di tahun kedua perdagangan saya menurun kemungkinan karena kesibukan di kampus dan berorganisasi yang membuat saya malas untuk berjualan. tidak jarang ketika itu saya menolak pesanan hanya karena malas mencek barang. 
Kepercayaan pelanggan bisa saya dapat bermula dari COD dengan teman sekampus. Teman sekampus cerita ke teman dan terus seperti itu. Tidak semerta merta mendapat pesanan banyak secara instan tapi karena cerita mulut ke mulut.
ya memang saya hanya seorang olshoper kalangan bawah, tidak mempunyai sama sekali toko dan stok produk. semua gratis tanpa modal, bedanya mungkin saya tahu tempat pusat barang itu berada dibanding orang orang jauh disana. didukung dengan tempat tinggal saya di kota Bandung. kota fashion. mempermudah mencari barang yang orang luar inginkan. 
tahun ketiga, reseller saya bertambah ketika itu saya belum menggunakan HP Android jadi tak jarang HP ngehang dan kehilangan banyak reseller yang aktiv menjual barang. sempat sedih tapi tetap semangat mencari jejak jejak reseller di social media dan browsing web online yang dulu. tahun berikutnya melihat di TV ada iklan menarik tentang penjualan barang, bukalapak namanya.
kalau temen temen mau liat akun saya di BL, buka aja 
setelah mempunyai akun itu, pesanan saya tidak bertambah. hanya saja ketika saya berani mengeluarkan modal 50rb membayar ke akun BL untuk bisa push. akhirnya saya mendapat uang 150rb bersih untuk penghasilan bulan pertama ketika menjual barang. uang 150rb itu saya kembali lagi ke atm untuk membeli iklan di BL agar bisa push lebih banyak. saya pikir setelah membeli 150rb akan mendapat untung yang lebih. ternyata tidak. ketika saya sadar mencari barang sangatlah mudah. di BL barang yang saya jual banyak yang jual dengan harga murah. mafia semakin meraja lela di BL. pedagang OL kecil seperti saya sudah semakin susah mendapat orderan. yang biasa mendapat 50rb di satu barang hanya bisa mengambil untuk 20 atau 30 ribu saja. saya adalah orang yang tidak ingin membanting harga. hingga kini pesanan di BL kosong dan tak pernah saya urus lagi karena melihat di BL mudah membandingkan harga barang satu dengan yang lain. Orang pasti berpindah langgaan.
solusi yang ada saat ini, mungkin saya harus punya produk yang kreatif. tidak mengambil produk di pasaran yang sudah saling banting harga. kira kira apa ya ?
apa mungkin saya buat coklat peyeum.

Itunes for Iphone



0 Response to "Buka Lapak telah menghancurkan pedagang kalangan bawah"

Post a Comment