-->

BAB IV kesimpulan

Kamis 5 Juni 2015 setelah selesai ujian komprehensif pada akhir Mei. aku mulai membuat target untuk sidang skripsi di bulan Juni 2015. pada hari itu, mulai bimbingan kembali dan hasilnya ternyata BAB III yang aku berikan 60% salah. salah analisanya, tidak ada persiapan atau gambaran pokok peneliian, tekstur teksnya pun acak-acakan. peluang untuk ikut sidang ini tidak terlalu terbuka lebar pasalnya hanya tinggal menunggu dua minggu di hari penutupan pendaftaran peserta ujian munaqosah/sidang skripsi. meskipun baru BAB II tapi aku optimis bisa mengikuti ujian munaqosah di bulan Juni. memang masih ada ujian munaqosah di bulan Agustus, tapi bukan yang lebih cepat itu lebih baik. dengan pemikiran seperti itu, mendorong diri untuk selalu menyalakan api semangat skripsi. pulang dari bimbingan, langsung pergi ke perpustakan mencari skripsi yang hampir sama persis. dengan cepat aku mengambil tablet dari kantongku lalu memopoto skripsi di bagian BAB tiganya saja.
saat istirahat lampu perpustakaan dimatikan, sedangkan poto masih belum beres semua. lembar perlembar aku bukan dan akhirnya sampai pada lembar terakhir di BAB III. ketahuan juga salahnya dimana, ternyata tabel yang aku buat sebelumnya itu berbeda dengan pendapat dosen pembimbing. pintu perpus ditutup akhirnya semua keluar, aku pun keluar dan pulang ke rumah. sesampai di rumah, buka laptop dan mengedit kembali dengan melihat buku bimbingan. kurang lebih 4 jam dari jam, BAB III selesai dengan tampilan yang berbeda. 
jum'at 6 Juni 2015 ambil handphone, sms bapak dosen untuk minta bimbingan. syukur alhamdulillah beliau memberikan waktu bimbingan jam 1. dengan percaya diri ku melangkah kedepan, berjalan ke kampus. sampai di kampus, bertemu dengan teman-teman. mereka melihatku dengan senyum dan sapaan disitulah terkadang gairah perjuangan skripsi bertambah. naiki tangga, sampai di lantai 3 tempat biasa bimbingan. selang beberapa menit, bapa menerima bimbingan kuberikan lembaran BAB III yang sudah kuperbaiki. tidak terlalu banyak yang dikoreksi, hanya minta kesimpulan. mana kesimpulannya ?" bapa bertanya. 
atuh pa, kesimpulan mah masuknya BAB IV!", aku menjawab
Ia mana ?", kembali bertanya
iya pa belum dibuat, hhe duarrrr
iya sok lanjut BAB IV. dosen pembimbing memerintahkan untuk lanjut. 
bimbingan tidak memakan waktu lama hanya beberapa menit tidak sampai 12 menit, aku kembali pulang dengan mood yang menggembirakan namun itu berarti aku masih harus berjuang untuk kembali menyusun. kejar ujian munaqosah Juni, jangan berhenti sampai disini.

0 Response to "BAB IV kesimpulan"

Post a Comment