-->

Lanjut Proposal

Sripsi, memang suatu hal akhir yang menjadi menyeramkan namun jika dijalani dengan ketenangan dan mood baik insya Allah tak akan membuat kepalamu pusing. Pagi ini juga aku masih memikirkan hal itu, ya itulah judul yang membingungkan. sudah di acc atau belum tapi yang pasti hal itu masih menjadi tanda tanya hari ini. pagi ini berniat untuk menyetor tahfidz, mengingat lulusan Universitasku harus hafidz 1 juz, juz 30. untungnya aku masuk ke angkatan 2011, angtaan 2012 kesini wajib hafal 3 juz, 2 juz awal dan 1 juz akhir atau juz 30. juz 30 itu surat An-Naba sampai An-Nas tahu kan apa itu surat ? masih berani gabung ke Universitas gue ?
Universitas Islam memang terkenal berkarakteristik Islam. dilihat dari mahasiswa yang harus bisa berpidato sampai mahasiswi yang tidak diragukan kecantikannya ketika harus mengenakan hijab. menjadi Menjadi Mahasiswa di perguruan tinggi Islam bukan hal yang mudah. penuh dengan aturan dan tata tertib keislaman. kebebasan dan kreatifitas yang kita milikiti dibatasi oleh aturan pokok universitas, apalagi kalau bukan aturan dan norma keislaman. tapi bukan berarti universitas Islam itu baik semua Mahasiswanya toh di pesantren pun ada yang tidak baik akhlaknya. Manusia hidup pada dasarnya kembali ke dirinya, lingkungan baik terkadang membawa baik namun tak semua menjadi baik. pukul 9 tepat aku dan teman senasib menghadap ke ketua jurusan PGMI di ruang prodi.
nak mau ke bapak ?"' bapak bertanya dengan nada yang lantang
iya pak, mau tahfidz. aku menjawab dengan nada lembut layaknya ustadz yang sedang memberikan siroman rohani subuh di TV lokal
eeeeh ari kamu bukan sms dulu bapa, sekarang bapak lagi rariweuh sibuk !", bapak menjawab penuh keyakinan sedikit menyakitkan.
gimana tuh pak ?", temanku bertanya sedikit ngeles
nanti saja ya setelah rabu, namanya ketua jurusan ya pasti sibuk jaman UAS gini!', lagi - lagi bapak itu menekankan untuk tidak menyetor hapalan sekarang-sekarang.
Ada yang mengatakan dosen mempersulit Mahasiswa susah masuk kuburnya. tapi apakah Universitas ini akan baik ketika dosen selalu setuju pendapat mahasiswa ? tentu tidak. Live is never flat, let's strunggle our live. no matter what they say. ciak, jurusan bahasa arab speaking english sedikit gaya, banyak tingkah. da aku mah apa ? Dosen mah takutnya sama Mahasiswa, Dosen mana yang berani menggangu Mahasiswa apalagi masalah uang yang terdengar vital ditelinga. Makanya banyak berdiri organisa Mahasisawa ekstra yang khusus menangani pergerakan bila ada terjadi kejanggalan di struktur atau staf kampus.
selepas dari prodi PGMI, kita pun pulang dengan harapan hapalan kita tidak hilang di kemudian hari, apalagi kita Mahasiswa yang rentan terkena dosa. mungkin kalian tahu cara berpakaian Mahasiswi zaman sekarang yang mskipun berkerudung tetapi pakaian mereka seperti lontong, leupeut yang sebagian membentuk lekuk tubuh bagian atas dan bawah. tapi kuakui itu suatu yang menyenangkan namun ingat dosa, hidup cuma sekali akherat menunggu nanti. tanpa sadari itu bisa mengurangi hapalan yang sudah kita hapal. keluar dari prodi, aku mencoba pergi ke ruang prodi sendiri, prodi pendidikan Bahasa Arab. prodi kebanggaanku.
pembelajaran kosa kata menggunakan ICT memang jarang diteliti orang. itu alasannya mengaa ketika aku sodorkan media berupa aplikasi bahasa Arab. Kajur merasa senang, sekarang saatnya memberikan indikator sesuai yang diminta Kajur kemarin. belajar dari pengalaman teman yang diam -diam aku lihat kemarin saat bimbingan prihal tulisan indikator yang diketik. saat itu pun aku menyodorkan indikator beserta variable menggunakan kertas HVS yang sudah diketik. aku tidak mau gagal dan ditolak. selang beberapan menit setelah Kajur (Ketua Jurusan) shalat inilah giliranku. indikator di atas kertas HVS agak sedikit dicoret dan perlu perbaikan. meski begitu syukur Alhamdulillah aku mendengat kalimat yang menggembirakan. kalimatnya "Silahkan lanjut proposal!', kata bapa Kajur. kata teman, proposal adalah masuk BAB I dalam skripsi tapi berbahasa indonesia. tahukan kalau di Pendidikan Bahasa Arab itu skripsi yang dibuat harus full arab. Arabnya arab gundul pun, bayangkan jika rambutmu gundul saja sudah seram apalagi melihat tumpukan bahasa Arab gundul.
kalau ditanya, terus kenapa anda memilih jurusan PBA ?", sekali lagi saya jawab bahwa igin mendapatkan link orang-orang yang pintar, syukur-syukur dapet jodoh dari Mahasiswi bahasa Arab. eh si doi gimana kabarnya ya ? dia sekarang sedang UAS, prinsipnya dalam UAS tidak ada SMS,BBM, FB atau twitter yang aktif. cukup saling menyemangati via SMS itu pun sesekali saja. untuk apa punya doi, tapi mengganggu kepada urusan akademik. lebih baik saling mendukung kan. ingat sekali lagi kalau lagi UAS rehat sejenak telpon-telponannya. I Miss You

0 Response to "Lanjut Proposal"

Post a Comment